Home > Kehidupan, School of MyLife > Pencuri Mimpi bg.1

Pencuri Mimpi bg.1

Dalam projek IT bersama salah satu anak perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia, seorang staf perusahaan menceritakan kpd saya ttg kisah pencurian avtur yang kerap terjadi diperusahaan. “Pesawat bilamana ingin terbang akan diisi bahan bakarnya sesuai dengan jarak tempuh penerbangan. Dan sesudah penerbangan tanki bahan bakar harus kosong sehingga jika masih ada sisa harus dikeluarkan untuk diolah lagi sebelum tanki diisi kembali untuk penerbangan berikutnya.” Tuturnya.

Lalu saya tanya “kenapa harus dilakukan hal itu?”

Katanya “Supaya proses pembakaran lebih sempurna dan tidak mempengaruhi pesawat pada saat terbang. Nah, pada proses pemindahan bakar itulah terjadi pencurian, tidak banyak kuantitas per pencurian hanya +/- 1-2ltr setiap proses perpindahan.”
“Namun seiring berjalannya waktu, tindakan pencurian itu tercium oleh manajemen dan sudah diurus oleh pihak yang berwenang.” Imbuhnya.

Saya pernah bertanya pada salah seorang guru saya, “Apa yang paling mempengaruhi hidup Anda?” Ia bilang, “Aku adalah aku saat ini dengan segala apa adanya. Segala yang terjadi dimasa lalu telah berakhir. Aku tidak menggunakan masa laluku untuk diterima oleh masyarakat.” Saya katakan padanya “Bukankah masa lalu bagian dari kehidupan kita?” Ia bilang, “Ya, tapi sudah berlalu dan saat ini sudah tidak ada lagi. Jika Anda hidup di masa lalu, Anda akan menderita.”

Belajar dari kasus pencurian bahan bakar pesawat dan diskusi bersama salah seorang guru, jika ada pertanyaan, “Apakah pesawat bisa terbang dengan bahan bakar bulan kemarin?”
Jawabannya jelas, TENTU TIDAK KARENA AKAN MEMPENGARUHI KINERJA MESIN PESAWAT DAN AKHIRNYA DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN!

Manusia tidak dapat hidup di masa lalu. Tetapi pikiran dan perasaannya dapat dibawa ke masa lalu. Jika itu dilakukan, ia akan merasakan apa yang dirasakan di masa lalu. Jika yang ia rasakan pengalaman negatif, maka semakin menumpuk dan menguat menggerogoti pikiran dan perasaannya. Padahal manusia hidup hari ini dan bermimpi tentang sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Jika pengalaman negatif masa lalu terus diingat dan diratapi hingga hidup Anda hari ini, maka Anda telah memasukan bahan bakar kemarin untuk dipakai hari ini. Maka berhati-hatilah, mesin kehidupan Anda bisa rusak dan dapat menyebabkan kecelakan hidup. Jika itu terjadi, hidup Anda telah hilang, mimpi Anda telah dicuri. Pencuri itu adalah Anda sendiri bersama masa lalu Anda.

Maukah Anda menumpang taksi yang supirnya melihat ke belakang?

to be continue…

Reff:
1. School of MyLife
2. Terjemahan Quwwat al-Tafkir-Dr.Ibrahim Elfiky-Terapi Berpikir Positif-Zaman Press.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: