Home > Daily Life > ESQ165 Haram?

ESQ165 Haram?

Dear all,
Hari ini di situs detiknews sebuah training spiritual -ESQ165- dianggap sebagai training haram dan menyesatkan?
Dikutip dari situs muftiwpmenyatakan fatwa bahwa training ESQ165 haram, menyesatkan dan menyimpang.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti training tersebut, dengan kemampuan ilmu saya yang terbatas, saya merasa tidak ada masalah dengan training tersebut. Menurut saya training tersebut sekedar metode pendekatan muhasabah (evaluasi diri). Muhasabah dalam ESQ165 memakai bantuan teknologi, video, 3D, musik. Dengan pendekatan Ihsan, Iman dan Islam yang diambil dari hadist nabi muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam tercatat dalam hadist arbain no.2.

ESQ165 adalah pemodelan akademik dari hadist tersebut. Model tersebut mengambil kerangka umum dari rukun pada hadist tersebut. Dengan mengamati hadist tersebut dan menganalisa dengan ilmu kekinian sehingga menghasilkan satu model pembangunan diri dan kepimpinan. Model tersebut bukan tafsiran baru, tetapi adalah proses modeling saja. Anda perlu memahamai apakah proses modeling dalam dunia akademik.

Justru itu, ESQ165 dinamakan sebuah model. Ia adalah satu istilah akademik yang merujuk kepada satu teori modern hasil gabungan hypothesis dan analisa. Sama seperti percobaan beberapa ahli akademik lain yang coba memperkenalkan model penyucian diri melalui konsep virtue oleh Imam Ghazali contohnya. Ia bukan tafsiran baru yang menolak tafsiran asal, ia hanyalah satu bentuk model logika akal yang menyandarkan kepada asas ihsan, iman dan Islam. Demikian juga beberapa dosen pada UTM pernah mengemukakan model konseling Islam berdasarkan konsep amar makruf nahi mungkar. Ia hanya model yang diambil dari konsep asas amar makruf nahi mungkar, ia bukan sesuatu tafsiran baru, tidak pula sesuatu yang komprehensif mewakili seluruh sumber asas Islam. UZAR

Berikut silahkan di download penjelasan tentang ESQ165 dari ESQ165 Malaysia.

Sekian dulu. Kalo ada tambahan nanti saya tulis lagi🙂

Salam165
Go Fight Win

jabaterat,
ferdian

  1. July 7, 2010 at 9:50 am

    makasih infonya…salam hangat…

  2. yusuf
    July 16, 2010 at 2:15 pm

    Fatwa merupakan tsb merupakan pendapat seseorang mufti, dilandasi dengan cara berfikir, hal tersebut merupakan suatu rujukan apabila terjadi peristiwa sosial yg mendesak, maka kita juga perlu menghormati pendapat tersebut meskipun juga tidak ada kewajiban untuk mengikuti fatwa tersebut.

    Sayang sekali, model sesat penyesatan masih dianut di negara tersebut, hal ini mengingatkan kita pada masa puluhan tahun lalu, saat orang Muhammdiyah membidah-bidahkan orang NU, dan orang NU meliberal-liberalkan orang Muhammdiyah. Hal yang sudah ditinggalkan oleh bangsa Indonesia yang mulai cerdas dan bijak dalam berbeda pendapat.

    • ferdiandonthavelastname
      July 19, 2010 at 3:16 pm

      Sepakat mas yusuf. Menghargai dan menghormati orang-orang yang berilmu. Semoga Allah mengangkat derajat kita semua dengan ilmu🙂

  3. Abdul Azis
    February 27, 2011 at 5:26 pm

    Dlm buku ESQ-nya,
    Penulis telah melakukan talbis Islam dg pemikiran2 orang kafir.
    Menjadikan suara hati sbg landasan dlm Islam,padahal sebenarnya ini adalah metode agama sufi yg menyimpang.
    Memakai metode tafsir rasionalis.
    Mengingkari mukjizat nabi–padahal hal ini adalah kufur dg ijma’ para ulama krn berarti mengingkari aLQur’an dan hadits mutawatir.
    Akan tetapi beginilah zamannya.Yg menyimpang dianggap sunnah.Yg sunnah dianggap menyimpang.
    Dulu shahabat Ibnu Masud membubarkan halaqah zikir jamaah,karena tdk ada sunnahnya.Skrg disini acaranya bgt semarak.Bahkan ktk Allah melarang riba,ramai2 orang bikin kartu kredit,asuransi.Ketika alat musik diharamkan syariat(dlm bnyk riwayat sahih),ramai2 orang jadi pecandunya,bahkan ada yg bermusik dg tujuan dakwah.MasyaAllah.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: